Friday 4 January 2019

Apa Itu SEO? Pengertian Dan Ciri - Ciri SEO

Apa itu SEO?

Apa itu SEO? Pengertian Dan Ciri - Ciri SEO - Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Apa Tujuan SEO? Tentu saja untuk menempatkan sebuah situs web berada pada posisi teratas atau setidaknya berada pada halaman pertama dalam hasil pencarian atau yg biasa kita sebut Page One.

Ciri-ciri Artikel yang SEO :

1. Memiliki Keywords
Memiliki kata kunci atau keyword ini adalah agar pengunjung akan dengan mudah menemukan artikel blog kalian dalam mesin pencarian.

2. Memiliki Meta Keyword
Selain keyword, artikel SEO biasanya juga menyajikan meta keyword. Meta keyword adalah sebuah kalimat di awal artikel yang biasanya akan muncul di halaman Google setelah judul. Dan kalimat ini akan menjadi gambaran singkat mengenai isi artikel dengan judul artikel tersebut.

3. Gambar
Gambar juga bagus untuk mendampingi dari konten artikel kalian, walaupun robot google tidak dapat membaca sebuah gambar, sobat harus memasang setidaknya 1 gambar saja, karena gambar juga mengandung kata kunci dengan menyelipkan Alt Atributes dan agar Artikel lebih terlihat menarik.

4. Memiliki Kata Kunci Yang Cukup
Maksudnya dari artikel yang saya buat ini kalian pasti sering membaca kata SEO, nah itulah yang memudahkan robot google merayapi artikel kalian.

In link dan Out link :

In link, artinya artikel kalian harus memiliki link yang mengarahkan pada artikel kalian ini .

Out link, ini berfungsi menuntun robot google mengenali isi artikel dan membuat artikel kalian menjadi page one.

Istilah - Istilah Dalam SEO

Berikut ini adalah beberapa istilah - istilah yang berhubungan dengan SEO :

• Backlink
Backlink adalah sebuah link yang fungsinya akan mengarahkan kedalam website sendiri. Salah satu faktor yang digunakan Google untuk menaikkan ranking sebuah website adalah kualitas backlink yang didapatkan oleh sebuah website itu sendiri.

• Outboundlink
Outboundlink adalah kebalikannya dari Backlink. Jika Backlink digunakan untuk mengarahkan ke website sendiri. Nah sedangkan Outboundlink digunakan untuk mengarahkan ke website lain. Jika sebuah website memiliki outboundlink yang berlebihan,tentu akan ada konsekuensinya, yaitu kemungkinan besar web atau blog akan mengalami penurunan ranking di Google.

• Pagerank
Pagerank adalah cara yang dilakukan oleh google dalam menentukan atau menilai popularitas sebuah website. Semakin tinggi skor yang di dapat oleh sebuah website maka semakin populer juga website tersebut. Semakin tinggi pagerank sebuah website, akan lebih memudahkan website tersebut berada di halaman satu Google atau yang biasa di sebut Page One.

• SERP (Search Engine Result Page)
Search Engine Result Page atau biasa di singkat SERP adalah sebuah Ranking atau Peringkat suatu web dan blog yang terdapat di halaman serta barisan depan dari mesin pencari (search engine). Adanya SERP ini bertujuan untuk membedakan berbagai halaman web yang terdapat pada halaman pencarian.

• Keyword
Keyword atau kata kunci pastinya sangat dikenal dalam dunia SEO. Keyword merupakan beberapa kata yang menggambarkan atau merujuk kepada layanan, merek, ataupun produk yang akan di perkenalkan. Kata kunci ini berfungsi untuk membantu pencarian dan identifikasi halaman web yang kalian miliki. Oleh karena itu, biasakan menulis keyword yang relevan dengan tag judul, atau judul, dan keseluruhan konten.

Nah jadi itulah sedikit penjelasan tentang Apa sih SEO itu. Sekarang gimana? Sudah lebih tau kan? Apa masih bingung? Paham-pahamin aja deh ya yang masih bingung h3h3 *canda :p Semoga bermanfaat & Salam Blogger!

Be A Good Person, It Will Be A Good Blogger~

1 comment:

  1. Trima kasih gan infonya slalu jelas gampang dimengerti

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.