Friday 11 January 2019

5 Langkah Sukses Untuk Masuk Perguruan Tinggi

5 Langkah Sukses Masuk Perguruan Tinggi

5 Langkah Sukses Untuk Masuk Perguruan Tinggi - Pada awal tahun, biasanya banyak siswa kelas 12 dan alumni SMA/Sederajat yang mulai berpikir untuk masuk kuliah. Bagi yang  sudah pengen banget untuk masuk kuliah, segala upaya akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sering kali banyak calon mahasiswa yang bingung dalam memilih Perguruan Tinggi dan Memilih Jurusannya. Tapi tenang, saya akan membahas langkah atau kiat - kiat untuk masuk Perguruan Tinggi Favorit kalian. Yuk langsung di simak saja pembahasannya di bawah ini :

1. Mantapkan Niat

Sebelum kalian memilih perguruan tinggi, kalian tentu perlu memiliki niat yang sudah bulat bahwa kalian telah siap dan mau untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Niat kalian harus bulat dari dalam diri dan harus melalui persetujuan orang tua, wajib loh ini.

Terlepas dari perguruan tinggi mana yang akan dipilih, jangan sampai niatan ini berubah ditengah jalan yang menyebabkan kalian jadi bimbang. Jadi mintalah restu pada orang tua bahwa kalian ingin kuliah, karena bagaimanapun orang tua adalah penopang utama kalian nantinya, jadi mantapkan niat kalian.

2. Memilih Perguruan Tinggi

Setelah kalian memiliki niatan yang sudah mantul, tiba saatnya dimana kalian harus memilih perguruan tinggi. Sering kali disaat memilih perguruan tinggi banyak siswa yang terjebak dengan “prestise” perguruan tinggi tersebut karena ingin punya “gengsi”, dan sering kali juga siswa membatasi pilihannya pada perguruan tinggi yang ia ketahui saja. Untuk itu kiat ini dibagi dua yaitu :

• Jangan Terjebak Oleh Gengsi

Nah untuk kalian, memilih perguruan tinggi tidak harus memiliki “gengsi” yang besar. Hanya agar kita ingin terlihat hebat kita nekat memilih UI, UGM dan ITB sebagai tujuan utama, padahal kemampuan kita belum memumpuni. Nah dari sini sesuaikanlah daya saing yang kalian miliki dengan perguruan tinggi yang menjadi tujuan kalian.

Gimana tuh caranya? Kalian bisa melihatnya melalui Passing grade masing – masing perguruan tinggi, passing grade berfungsi agar kalian mampu mengukur tingkat daya saing kalian. Masing – masing perguruan tinggi memiliki Passing Grade yang berbeda – beda.

• Perluas Pilihan Perguruan Tinggi

Banyak siswa yang ingin kuliah di karenakan ia hanya tahu ITB, UPI, UNJ dan UI. Hal itu menjadikan ia terbatas dalam memilih perguruan tinggi. Padahal masih ada puluhan perguruan tinggi lain di Indonesia yang tidak kalah saing.

Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi yaitu :

• Lihatlah kualitas perguruan tinggi

Ya ini juga harus di perhatikan, karna mungkin akan ada sangkutannya dengan prospek kedepannya. Apakah memiliki daya saing yang baik dalam mencari kerja atau tidak. Dan apakah sesuai dengan harapan anda dan orang tua atau tidak?

• Lihatlah Profil Perguruan Tinggi

Secara garis besar perguruan tinggi dibagi 4 jenis berdasarkan karaktersitiknya, yaitu :

1) Perguruan tinggi umum (UNDIP, UI, UGM, UB dll)
2) perguruan tinggi keguruan (UPI, UNJ, UNY, UNESA dll)
3) perguruan tinggi agama (UIN, IAIN, STAIN dll)
4) perguruan tinggi teknik (ITB, ITS, IPB dll).

Nah sampai disini kalian harusnya sudah jelas dapat membedakan dan tahu kemana arah masing – masing lulusannya. Jika kalian ingin jadi Dokter pilih perguruan tinggi kedokteran, jika teknik pilih perguruan tinggi teknik.

Jangan terlalu memaksakan juga memilih jurusan tapi kalian sendiri tidak ada passion disana.

• Jangan Terpaku Dengan Satu Universitas

Ini sangat penting, kalau kalian ingin masuk ke IPB. Namun setelah anda mencoba ternyata gagal, maka buatlah alternatif lain. Misal selain anda daftar di IPB anda juga daftar di UIN, sehingga jika IPB tidak diterima anda tetap bisa berkuliah di UIN meski bukan pilihan utama kalian. Ingatlah, jangan terlalu mementingkan “gengsi” dalam memilih perguruan tinggi. Keberhasilan kalian dalam kuliah ditentukan oleh kalian sendiri dalam belajar.

3. Memilih Jurusan

Setelah kalian menentukan perguruan tinggi mana yang akan kalian pilih melalui pertimbangan yang sudah matang, maka hal lain yang tidak kalah penting adalah Memilih Jurusan atau Prodi (program studi). Jurusan memberikan spesifikasi terhadap mata ajar kalian selama kuliah serta Prospek dan Kualifikasi anda setelah lulus. Jika anda ingin menjadi dokter maka ambil jurusan kedokteran, jika ingin menjadi insinyur maka pilih teknik. 

Banyak sekali pilihan yang disediakan, dan jurusan juga memiliki Passing Grade yang berbeda – beda tergantung prospek yang dimiliki. Semakin banyak lulusan yang berhasil setelah lulus semakin besar passing grade yang dimiliki semakin besar juga peminat atau daya saing prodi tersebut.

Nah di sinilah kita harus mencermatinya. Di bawah ini ada beberapa kiat untuk memilih jurusan :

• Pilihlah Jurusan Sesuai Minat Dan Keahlian

Bagi kalian yang ingin memilih jurusan, ada baiknya kalian sudah tau bidang apa yang kalian Minati atau Kuasai. Hal ini penting karena akan berpengaruh terhadap proses belajar kalian. Jika kalian menyukai biologi, pilihlah jurusan yang berkaitan dengan itu sehingga belajar kalian menjadi nyaman dan baik, tapi jika kalian tidak suka matematika, jangan paksakan diri mengambil jurusan itu karena bisa membuat kalian merasa tertekan.

• Ketahuilah Profil Jurusan dan Prospeknya

Seperti yang di katakan awal tadi, dalam memilih jurusan kalian harus mengetahui bidang studi apa yang menjadi fokus belajar suatu prodi beserta prospek kerja setelah lulus. Misalnya, pada prodi S1 Farmasi. Jurusan ini diperuntukan bagi mereka yang berasal dari IPA, bidang yang digeluti adalah obat – obatan atau bidang kimia. Setelah lulus menjanjikan seorang lulusan yang mampu menjadi apoteker. Mengerti tentang obat – obatan, resep maupun racikan obat dll.

• Jangan Memaksakan diri Memilih Jurusan

Sering kali, siswa “minder” dalam bersaing dalam seleksi masuk perguruan tinggi sehingga menyebabkan dia mengambil jurusan yang sedikit Peminatnya atau Daya Saingnya. Namun sering kali jurusan yang sedikit daya saingnya adalah jurusan yang memiliki prospek yang rendah dan kadang dipilih secara tidak wajar.

Sesuaikan Dengan Kemauan Orang Tua
Biasanya siswa yang ingin kuliah telah ditentukan oleh orang tuanya sehingga sering kali antara kemauan anak dan orang tua menjadi berbenturan. Bahaya banget nih dan hal ini harus di waspadai karena orang tua adalah Figur Utama yang menentukan keberhasilan utama kalian selama kuliah.

4. Konsisten dan Disiplin

Tentukan berapa jam kalian bisa belajar setiap harinya. Masing - masing dari kalian bisa tentukan sendiri. Berapapun banyaknya jam untuk belajar, intinya adalah konsisten dan disiplin. Belajar 1-2 jam per hari namun konsisten setiap hari, jauh lebih baik daripada belajar 10 jam tapi hanya sehari atau dua hari saja.

5. Berdoa

Hal ini jangan pernah di lewati, jangan sampai karna kalian sibuk menyiapkan segalanya untuk masuk Perguruan Tinggi, kalian jadi lupa berdoa. Karena Niat dan Doa itu harus di barengi. Minta juga doa dari orang lain terutama orang tua. Ingat, kita manusia hanya mampu berusaha namun Tuhan yang menentukan segalanya. Mintalah pada nya agar diberi hasil yang terbaik.

Sekian kiat - kiat atau Langkah Sukses untuk masuk Perguruan Tinggi. Semoga bermanfaat dan membuat perencanaan kalian lebih matang. Terima Kasih!

Be A Good Person, It Will Be A Good Blogger~

4 comments:

  1. Aih keren penulisan'a 😂 thanks pnjelasan'a jdi udh kebayang mau masuk mana nih

    ReplyDelete
  2. Benar sekali, poin2 diatas yang ditulis mimin sangatlah penting dalam memilih pendidikan lanjutan yang akan ditempuh... seperti salah memilih jurusan saja bisa membuat simahasiswa akan kewalahan sendiri dalam memahami subjek pelajarannya atau menjadi hilang motivasi karena dianggap tak menarik sama sekali... bisa berbahaya sekali kalau sampai itu terjadi... yups, artikel ini akan sangat membantu bagi siapapun yang tengah bersiap untuk menempuh pendidikan lanjut

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.