Wednesday 9 January 2019

7 Mitos Zaman Dulu Yang Masih Eksis Hingga Sekarang

7 Mitos Zaman Dulu by Heicuk

Indonesia punya beragam budaya, bahasa, serta kearifan lokal yang terus di pelihara dari generasi ke generasi. Dan uniknya, di zaman modern ini masih terdapat sebagian masyarakat yang memercayai mitos, takhayul, atau pamali di daerahnya masing-masing. Penasaran kan? Atau mungkin sudah kebayang Mitos apa saja? Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Mitos di Indonesia sangat beragam, tersebar di setiap daerah maupun di seluruh penjuru negeri, nah apa saja mitos yang dimaksud?

1. Duduk di Depan Pintu Susah Jodoh


Dulu, ketika ada seseorang yang duduk di depan pintu, biasanya ada saja yang berkomentar “Jangan duduk di situ nanti susah jodoh, pamali”. Seketika orang yang duduk langsung bergegas pindah.

Entah karna percaya atau males di komentarin ya itu. Biasanya, kalangan masyarakat tradisional, khususnya para orang tua di pulau Jawa, masih memercayai hal ini.

2. Jangan Menggunakan Baju Hijau ke Pantai


Kalau ini pasti udah pada tau kan? Yap liburan ke pantai adalah hal yang seru dan mengasyikan. Kalian semua mungkin pernah liburan ke pantai, entah bersama keluarga, teman, pacar atau bekas pacar.

Khusus di pantai Selatan, kalian bakal mendengar petuah seperti “Ngga boleh pakai baju warna hijau, nanti di culik penguasa laut Nyi Roro Kidul!” Mungkin kalian yang jomblo sempat sedikit berpikir ingin tinggal bersama Nyi Roro dan para pelayannya biar ga sendirian terus.

Tapi ya jangan deh siapa tau nanti ga jomblo lagi, jodoh mana ada yang tau kan.

3. Menyapu yang Bersih Biar Suami Ngga Brewokan


Anak perempuan biasanya diajari menyapu oleh ibunya, kalau menyapunya tidak bersih maka sang Ibu bakal bilang “Yang bersih nyapunya nanti suami mu brewokan kalau lantainya ngga bersih.” Kemungkinan besar zaman sekarang hanya segelintir orang saja yang masih percaya mitos menyapu ini.

Tapi siapa tahu mitos ini benar walaupun kebetulan, iya ngga? Jadi saran aja buat kalian yang suka laki-laki brewokan nyapunya nggak usah terlalu bersih deh ya.

4. Tidak Boleh Memberi Hadiah Berbentuk Kain


Mitos ini masih banyak dipercayai oleh kawula muda Indonesia. Apabila kekasih memberi hadiah berupa baju atau kain maka hubungan mereka bakal kandas di tengah jalan, atau bahkan di tengah kolam buaya mungkin.

Tapi kalau ngasihnya baju Supreme atau Fred Perry harga jutaan apa bakal tetap kandas juga tuh hubungannya? Hmm.. entahlah. Jodoh kan bukan kita yang mengatur.

5. Memotong Kuku di Malam Hari


Mitos ini sebenarnya bukan hanya di Indonesia, masyarakat Korea pun punya mitos yang sama. Konon katanya, apabila kita memotong kuku pada malam hari, hal itu akan membuat kita di datangi siluman harimau atau jin yang nantinya bakal memakan kuku kita.

Serem juga yaa. Tapi agak sedikit aneh dari mitos ini, sejak kapan ya harimau makan kuku? Kalaupun stock daging habis kayanya ngga sampai makan kuku juga deh.

6. Mata Bintitan


Pernah ngga kalian di ejek karena bintitan? Saya sih sering. Padahal bintitan itu bukan sesuatu yang enak.  Tapi malah di bilang mengintip orang mandi. Bintitan sendiri timbul karena adanya bakteri dalam mata. Sehingga menimbulkan infeksi.

Bisa juga terjadi karena reaksi alergi pada suatu zat makanan, misalnya protein. Jadi ngga ada sangkut pautnya sama Mengintip Orang Mandi.

7. Bersiul Di Malam Hari


Nah kalau ini udah ngga perlu di ragukan lagi, mitos Legend yang sampai sekarang sepertinya masih banyak yang mempercayainya.

Biasanya kalau bersiul saat malam hari, ada aja yang ngelarang. Pasti bilang “Jangan Bersiul Ini udah malam, nanti di samperin Setan.” Bener ngga? Tapi sepertinya sih tujuan awalnya supaya ngga berisik. Karena malam waktunya tidur, kalau tetangga denger terus terganggu kan ngga enak.

Meskipun Mitos hanya sekedar Cerita Rakyat di masa lampau yang belum terbukti kebenarannya, tapi ngga ada salahnya kalau kita menghormatinya. Siapa tau yang pertama  bikin mitosnya nenek kalian, hehe.

Itulah 7 Mitos Zaman Dulu Yang Masih Eksis Hingga Sekarang versi Heicuk. Apabila ada salah kata mohon di maafkan, kalau ngga ada ya syukur. Terima Kasih :D

Be A Good Person, It Will Be A Good Blogger~

4 comments:

  1. Kadang pengen ketewa sih bang denger mitos tuh, ya sekarang kita jadikan controlling diri saja barangkali ada benarnya

    ReplyDelete
  2. Kwkwk mitos yang sangat populer dan selalu terngiang di kuping ane

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.