Sunday 10 February 2019

4 Jenis Kepribadian Seseorang, Yang Manakah Kamu?

4 Jenis Kepribadian Seseorang, Yang Manakah kamu?

4 Jenis Kepribadian Seseorang, Yang Manakah Kamu? - Tipe kepribadian pada setiap individu memiliki arti yang penting untuk mengetahui lebih mendalam siapa diri kita sesungguhnya.

Sesuai faktanya, analisis tipe kepribadian sudah memiliki dasar ilmunya tersendiri. Ilmuwan yang mempelajari tentang kepribadian percaya bahwa hal tersebut adalah fenomena yang selalu berubah - ubah, di mana setiap orang selalu mengalami perubahan sifat sampai mereka tua nanti. Namun, ada beberapa peneliti di Northwestern University yang mengungkapkan bahwa ada empat jenis tipe berbeda dari data yang di kumpulkan melalui kuis online yang telah di ikuti oleh orang - orang yang tersebar di seluruh dunia.

Data yang di terima kemudian diterapkan pada apa yang dikenal sebagai  Big Five Basic Personality Traits yang di anggap banyak psikolog kepribadian kontemporer untuk mewakili "Basic Dimensions Of Personality."

Apasih ciri - ciri dari Big Five basic Personality Traits itu? Nah cirinya itu meliputi kesesuaian, keterbukaan, kesadaran, neurotisisme, dan ekstraversi.
Setelah penelitian ini selesai, akhirnya ditemukanlah empat jenis kepribadian utama. Nah apa saja ya keempat tipe kepribadian nya? Yuk cek pembahasannya di bawah ini.

1. Average (Rata - Rata)


Tipe yang satu ini merupakan kategori yang paling umum. Dan mengapa disebut rata - rata? Dalam karakter  Big Five,  orang - orang yang masuk ke dalam tipe ini memiliki skor tinggi dalam  Extraversion  dan Neuroticism. Biasanya orang yang bertipe ini cenderung rendah dalam keterbukaan(Tertutup).

2. Role Models (Panutan)


Tipe kepribadian yang kedua ini mengerti mengapa mereka disebut panutan. Sebagai pemilik keutamaan dari karakteristik  Big Five, terkecuali Neurotisme. Kepribadian ini merupakan jenis kepribadian yang pasti paling di dambakan oleh setiap orang. Mereka juga memiliki probabilitas yang semakin tinggi seiring bertambahnya usia, ntaps juga ya.

Mereka yang termasuk dalam kepribadian ini berpotensi menjadi pemimpin yang andal dan selalu memiliki ide - ide cemerlang. Mayoritas kepribadian ini biasanya dimiliki oleh kebanyakan wanita ketimbang pria.

3. Reserved (Pendiam)


Kepribadian ini merupakan yang paling stabil dari segi emosional. Orang yang memiliki kepribadian ini ngga terlalu Neurotik atau terbuka, tetapi mereka sangat rendah pada sifat Extraversion. Mereka juga biasanya orang yang teliti dan menyenangkan loh. 

4. Self - Centered (Berpusat pada diri sendiri)


Tipe kepribadian ini bisa di bilang kebalikannya dari tipe Reserved, karena jenis ini memiliki skor tertinggi dalam Extraversion. Akan tetapi memiliki kelemahan juga dalam kesadaran, keterbukaan, dan keramahan.

Untungnya, Kepribadian ini hanya bersifat sementara. karena studi yang telah ditemukan mengungkapkan, jumlah orang yang memiliki kepribadian ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Walaupun empat tipe ini di temukan dalam suatu penelitian, namun salah satu penulis makalah yaitu William Revelle menekankan bahwa keempat tipe kepribadian ini tidak berlaku untuk semua orang.

Jadi itulah tipe - tipe kepribadian seseorang yang telah melewati penelitian oleh para Peneliti di Northwestern University. Semoga bermanfaat :)

Be A Good Person, It Will Be A Good Blogger~

This Is The Newest Post

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.